Minggu, 03 Agustus 2008

Afsel Siap Selenggarakan PD 2010 Seputar Berita Dunia Sepak Bola

AFSEL SIAP SELENGGARAKAN PD 2010 SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

AFSEL SIAP SELENGGARAKAN PD 2010


Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pada tahun 2010 putaran final PD akan berlangsung di benua Afrika. Afrika Selatan mendapat kehormatan sebagai negara Afrika pertama yang menjadi tuan rumah ajang sepakbola terbesar di muka bumi ini. Sejak pergelaran PD 2006 di Jerman usai, banyak suara sumbang yang meragukan apakah Afsel akan siap dan mampu menjadi tuan rumah tepat pada waktunya terkait masih buruknya sarana transportasi, akomodasi, dan stadion.

Kekhawatiran itu ditepis Danny Jordaan, Kepala Panitia Penyelenggara PD 2010. Menurut Jordan, FIFA telah memberi 10 juta dolar AS kepada Afrika Selatan untuk "membangun" kembali tim nasionalnya, terkait prestasi Afsel yang gagal lolos babak kualifikasi PD 2006 lalu. Afsel pun berharap mantan pelatih Tim Samba, Carlos Alberto Parreira bersedia menangani tim nasional yang secara otomatis akan tampil di putaran final PD 2010.

Selain itu, menurut Jordan, FIFA pun telah memberikan kontribusinya sebesar 10 juta dolar AS untuk pembangunan markas besar Asosiasi Sepakbola Afsel yang baru. Bantuan ini merupakan "uang muka" dari jaminan awal FIFA sebesar 20 juta dolar AS. "Kami rileks saja," kata Jordaan dalam dengar pendapat dengan parlemen yang membahas kerangka kerja Afsel menyonsong PD 2010. "Kami tidak akan melemahkan diri sendiri dengan tindakan-tindakan yang tidak perlu," tambah Jordan menepis kian gencarnya suara sumbang tersebut.

Spekulasi pun menyebut nama Australia sebagai alternatif tuan rumah PD 2010 jika Afsel tidak dapat memenuhi kewajibannya sebagai tuan rumah. Namun, kekhawatiran dan sikap pesimis itu mendapat bantahan keras dari pejabat tinggi FIFA yang sedang berada di Afsel, Michael Palmer. "FIFA sangat yakin dan percaya Afsel dapat mengatasi beragam kesulitan terkait faktor transportasi publik dan akomodasi yang cukup bagi para pengunjung," kata Palmer.

Pemerintah Afsel sendiri telah menyediakan dana sekitar 170 juta dolar AS untuk membangun dan merenovasi 10 stadion dan 1,2 miliar dolar AS lainnya untuk memperbaiki fasilitas transportasi publik, seperti bandar udara, jalan raya dan jalur kereta api.

Menurut Jordaan, pihaknya memprediksi 350 ribu pengunjung dari luar negeri akan mendatangi Afsel selama sebulan penuh penyelenggaraan PD 2006. Jordaan pun optimis, pesta sepakbola itu mampu memberikan lapangan kerja baru bagi 129 ribu pengangguran dan menghasilkan pajak sebesar 1 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 9,15 triliun.

sumber Afsel Siap Selenggarakan PD 2010 : LiputanBola.Com
AFSEL SIAP SELENGGARAKAN PD 2010

Tidak ada komentar: