Minggu, 03 Agustus 2008

Elizondo Kritisi Sikap Rooney Seputar Berita Dunia Sepak Bola

ELIZONDO KRITISI SIKAP ROONEY SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

ELIZONDO KRITISI SIKAP ROONEY


Siapa wasit terbaik di PD 2006? Sosok yang pantas menyandang predikat tersebut adalah Horacio Elizondo. Wasit asal Argentina yang berusia 43 tahun itu mendapat kehormatan dari FIFA untuk menjadi pelakon utama di dua partai bergengsi: partai pembukaan dan partai final. Jumlah partai yang dipimpin Elizondo, lima pertandingan, hanya disamai wasit Benito Archundia asal Meksiko.

Ketegasan Elizondo dalam menunaikan tugasnya di lapangan ditunjukkan saat ia memimpin partai penuh emosi antara Inggris vs Portugal di babak perempat final 1Juli lalu, dan partai pamungkas antara Italia vs Prancis.

Selain keputusannya yang mengeluarkan Zinedine Zidane akibat ulahnya yang menanduk Marco Materazzi di Olympiastadion, Berlin, 9 Juli lalu, mendapat perhatian publik sepakbola dan FIFA, sebelumnya Elizondo telah menjadi "musuh" bagi para pendukung Inggris. Keputusannya mengeluarkan Wayne Rooney yang dianggap Elizondo menginjakkan kakinya dengan sengaja kepada Ricarco Carvalho, dituding sebagai biang keladi kegagalan The Three Lions.

Seusai partai tersebut, kepada majalah FourFourTwo, Elizondo menegaskan keputusannya untuk mengeluarkan kartu merah kepada Rooney, bukan disebabkan atas adanya desakan atau hasutan dari rekan Rooney di MU, Cristiano Ronaldo. Tapi, di mata Elizondo, tindakan "injak kaki" ala Rooney itu sangat pantas diganjar kartu merah. Seperti diketahui, FIFA akhirnya menghukum Rooney dengan dua kali larangan tampil di pentas internasional dan mendapat denda 5 ribu franc Swiss atau kira-kira Rp 36 juta.

Kini, hampir sebulan berselang, Elizondo kembali membuat pernyataan terkait "tragedi" di Gelsenkirchen itu, dan menyerang sikap atau tindak tanduk yang dilakukan Rooney. "Dia selalu mengeluh dan merengek setiap saat. Apa yang dilakukannya hanya memprotes setiap apa yang saya putuskan. Jadi, ulah Rooney sama persis dengan anak saya," kata Elizondo.

Selain mengkritik sikap Rooney itu, Elizondo pun mengklaim, bahwasanya pelatih Timnas Inggris Sven-Goran Eriksson menghampirinya seusai pertandingan. "Ia datang untuk menyampaikan ucapan selamat. Saya sangat menghargai apa yang Eriksson lakukan," kata Elizondo. Lantas, tambah Elizondo, "Beberapa saat kemudian kami pun bercakap-cakap dan Eriksson pun menyebutkan insiden kartu merah tersebut. 'Rooney memang menginjakkan kakinya kepada Carvalho, iya toh?' tanya Eriksson.

Menurut Elizondo, saat itu Eriksson tampak geram dengan tindakan Rooney tersebut. "Saya ingat dengan apa yang diucapkan Eriksson saat itu. Saya tidak dapat mengerti mengapa seorang pemain profesional dapat bertindak seperti itu," kata Elizondo menirukan ucapan Eriksson. Lalu, "Ia pun pergi," tambah Elizondo.


sumber Elizondo Kritisi Sikap Rooney : LiputanBola.Com
ELIZONDO KRITISI SIKAP ROONEY

Tidak ada komentar: