Minggu, 03 Agustus 2008

Klinsmann Letakkan Jabatan Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KLINSMANN LETAKKAN JABATAN SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KLINSMANN LETAKKAN JABATAN


Keputusan Klinsmann untuk tidak melanjutkan melatih skuad Jerman cukup mengejutkan banyak pihak. Maklum, babak kualifikasi Piala Eropa 2008 akan dimulai September nanti dan publik sepakbola Jerman sangat berharap kepada Klinsmann. Gerhard Mayer-Vorfelder, teman baik Klinsmann yang juga Co-President DFB, asosiasi sepakbola Jerman menyesalkan keputusan Klinsmann. Tapi kami bisa menerima hal itu, kata Mayer-Vorfelder.

Awalnya, ketika Jurgen Klinsmann ditunjuk menjadi pelatih Tim Panser menggantikan Rudi Voller, 26 Juli 2004, publik Jerman sangat tidak yakin mantan striker Tottenham Hotspur yang berjuluk Golden Bomber itu mampu membawa Nationalmannschaft berprestasi di PD 2006. Maka, ketika Ballack dkk tampil gemilang di ajang PD 2006, publik Jerman terperangah. Decak kagum dan kata pujian berhamburan.

Prestasi terbaik Klinsmann sebetulnya bukan perolehan medali perunggu . Ia lebih dipuji sebagai pelatih yang berhasil membawa jiwa baru bagi skuad Jerman. Tim Panser yang dulu bermain text book dan kaku selayaknya panser telah berubah menjadi dinamis dan kreatif. Klinsmann pun berhasil mematangkan para pemain muda Jerman. Perubahan gaya dan pemilihan itu pula yang awalnya menjadi sumber kritik terhadap Klinsmann selain masalah keengganannya meninggalkan California, rumahnya di Amerika Serikat, dan menetap di Jerman.

Hari Rabu, 12 Juli, harian terlaris di Jerman, Bild, dan Sueddeutsche Zeitung melansir berita yang menyatakan Klinsmann memutuskan untuk meletakkan jabatannya sebagai pelatih tim nasional. Menurut kedua harian tersebut, Theo Zwanziger dan Manajer Tim Panser, Oliver Bierhoff, menyampaikan pernyataan Klinsmann kepada Wakil Presiden DFB bahwa Klinsmann tidak akan memperpanjang masa kontraknya bersama timnas. Posisi Klinsmann tampaknya akan diisi asistennya, Joachim Loew.

Keputusan pengunduran diri Klinsmann tersebut tentunya akan membuat publik Jerman kecewa. Dalam satu jajak pendapat, 93 persen dari responden menghendaki Klinsmann tetap melanjutkan pekerjaannya. Begitu pula dengan 23 pemain yang tergabung dalam skuad Tim Panser. Tidak terkecuali, Franz Beckenbauer, legenda sepakbola Jerman yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara PD 2006 yang semula mengeritiknya.

Kontrak Klinsmann berakhir pada hari Minggu 9 Juli lalu dan ia tidak mau menerima kontrak baru. Pihak DFB tampaknya telah salah langkah dalam membujuk Klinsmann. Sebelum laga penting melawan Italia di babak semifinal, DFB mendesak Klinsmann untuk menyatakan sikapnya. Waktu itu, DFB memberinya waktu 5 minggu. Cara DFB itu, menurut Oliver Bierhoff, malah memperburuk situasi. Apalagi Klinsmann telah menyatakan tidak akan melanjutkan melatih skuad Jerman setelah PD 2006. Semestinya DFB memberi Klinsmann waktu untuk berpikir dan berunding bersama keluarganya. Cara itu malah akan membuatnya dengan memutuskan untuk meninggalkan tim lebih cepat, kata Bierhoff.

Dugaan Bierhoff terbukti. Klinsmann akhirnya tidak memperpanjang kontraknya. Klinsmann sempat ditawari melatih skuad Amerika Serikat tapi ia menyatakan tidak berminat melatih tim negeri lain.

sumber Klinsmann Letakkan Jabatan : LiputanBola.Com
KLINSMANN LETAKKAN JABATAN

Tidak ada komentar: