Minggu, 03 Agustus 2008

Italia Kecam Putusan FIFA Seputar Berita Dunia Sepak Bola

ITALIA KECAM PUTUSAN FIFA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

ITALIA KECAM PUTUSAN FIFA


Hari Kamis kemarin, bertempat di Markas Besar FIFA di Zurich, Swiss, Komite Disiplin FIFA setelah mendengarkan keterangan Zinedine Zidane selama 90 menit–sebelumnya juga mendengarkan keterangan Marco Materazzi, 14 Juli–akhirnya memutuskan menjatuhkan hukuman kepada dua pemain tersebut terkait insiden tandukan kepala di babak final PD 2006 lalu.

Zidane mendapat sanksi larangan bermain selama tiga pertandingan internasional dan denda sebesar 7.500 franc Swiss , sementara Materazzi dijatuhi hukuman larangan tampil sebanyak dua pertandingan internasional dan denda sebesar 5.000 franc Swiss .

Kontan, melihat pemainnya dijatuhi hukuman tersebut, publik Italia meradang dan mengecam keras putusan FIFA. Bahkan, komentar yang terpedas datang dari Menteri Olahraga Italia, Giovanna Melandri yang menuduh FIFA telah berbuat diskriminasi. "Putusan tersebut menunjukkan sikap diskriminasi terhadap Italia," kata Melandri dalam konferensi persnya hari ini di Roma, seperti yang dikutip Reuters.

Media massa Italia yang terkenal galak, tak ketinggalan mencerca keputusan FIFA tersebut. Harian La Stampa, misalnya, menyebut putusan tersebut sebagai "putusan keji dan memalukan". Harian olahraga terkemuka La Gazzetta dello Sport mengangkat putusan FIFA itu dalam berita utamanya dengan mengambil judul "Zidane-Materazzi 3-2, Italia Marah", dan kemudian mengklaim hukuman yang dijatuhkan Komite Disiplin itu "terlalu rendah bagi Zidane". Gazzetta pun memberitakan, bahwasanya "para pemain, pemilik klub, politisi dan para pendukung Tim Azzurri sangat marah dan geram dengan hukuman tersebut".

Nada serupa juga diangkat La Repubblica yang mengatakan, "Tidak ada hukum yang dapat membenarkan tindakan melakukan provokasi dan reaksi berada dalam level yang sama. Dalam kasus Zidane-Materazzi, reaksi dapat menimbulkan kematian dimana korban dapat mengalami kegagalan jantung".

Pejabat tinggi FIGC tak ketinggalan angkat bicara menyikapi putusan FIFA itu. Menurut Komisioner Darurat, Guido Rossi, pihaknya akan menghormati vonis tersebut. Tapi, "Kasus ini tetap terpulang kepada tayangan televisi dan opini publik di seluruh dunia," kata Rossi.

Sementara itu, Presiden Inter Milan, klub dimana Materazzi bermain, Giacinto Facchetti meyakini pemainnya telah mendapat perlakuan kasar. "Saya akan selalu respek dengan FIFA, namun, perlu saya garis bawahi, keputusan tersebut menunjukkan adanya ketidakseimbangan ," kata Facchetti seperti yang dilansir di situs resmi klub.

Mantan kapten Tim Azzurri, Paolo Maldini pun tak ketinggalan menyuarakan pandangannya. "Benar-benar memalukan menghukum seorang pemain hanya gara-gara mengatakan sesuatu," kata Maldini. "Putusan ini adalah untuk pertama kalinya dan itu hanya dapat terjadi karena Materazzi seorang pemain Italia," ujar Maldini.

Dengan jatuhnya hukuman tersebut, maka Materazzi dipastikan akan absen membela Italia dalam pertandingan babak kualifikasi Piala Eropa 2008 Grup B melawan Lithuania, 2 September dan menghadapi Prancis, 6 September.

sumber Italia Kecam Putusan FIFA : LiputanBola.Com
ITALIA KECAM PUTUSAN FIFA

Tidak ada komentar: