Minggu, 10 Agustus 2008

FIFA Gandeng Perusahaan IT India Seputar Berita Dunia Sepak Bola

FIFA GANDENG PERUSAHAAN IT INDIA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FIFA GANDENG PERUSAHAAN IT INDIA

Bukti perkembangan teknologi informasi di India telah membuka mata dunia. Federasi Sepakbola Internasional , akhir pekan lalu secara resmi menunjuk Satyam Computer, perusahaan pengembang TI terbesar keempat di India, sebagai penyedia layanan resmi dalam dua penyelenggaraan putaran final Piala Dunia , yaitu PD 2010 yang akan berlangsung di Afrika Selatan dan PD 2014 di Brasil, Amerika Selatan.
Kesepakatan antara kedua belah pihak dilangsungkan di Durban, Afsel, di sela-sela acara pengundian kualifikasi PD 2010. Rencananya Satyam bakal jadi tandem FIFA selama tujuh tahun. Selain PD 2010 dan 2014, Satyam juga mendapat tugas sebagai official TI dalam ajang FIFA Confederations Cup 2013 di Afsel dan 2014 di Brasil.
Seperti yang dilansir di situs resminya, Satyam, perusahaan terkecil dibanding tiga perusahaan besar IT India lainnya—Tata Consultancy, Infosys, dan Wipro—memperkirakan industri olahraga menghasilkan dana sekitar satu juta triliun dolar AS, dimana 40 miliar dolar AS setiap tahunnya menjadi pangsa TI. Besaran pendapatan itu rata-rata bakal mengalami kenaikan sebesar delapan persen per tahun.
“Olahraga adalah market yang luar biasa. Apalagi, belum ada satu pun perusahaan IT India yang belum memasukinya,” ujar Kiran Karnik, Presiden Asosiasi Perusahaan Penyedia dan Pengembang Software di India. “Salah satu contohnya di ajang Olimpiade Beijing. Banyak potensi IT yang dapat dikeruk di sana, tapi sayangnya itu belum kami dapatkan,” imbuh Karnik.
“Teranglah, sepakbola merupakan ajang olahraga terbesar di muka bumi ini. Piala Dunia merupakan even yang paling menyedot perhatian pemirsa. Karenanya, deal tersebut bakal meningkatkan visibilitas bagi Satyam,” tegas Harit Shah, seorang analis pasar. Sebagai catatan, ajang PD 2006 lalu di Jerman disaksikan sekitar 26 miliar viewers dari 376 channel di seluruh dunia dengan jumlah jam siaran mencapai 76 ribu jam.
Satyam merupakan perusahaan keempat yang resmi menjadi sponsor PD setelah sebelumnya FIFA telah menggandeng perusahaan yang terkenal dengan resto cepat sajinya, McDonald, Anheuser-Busch dan MTN, perusahaan telekomunikasi Afsel. Satyam, yang kantor pusatnya berada di Hyderabad, mempunyai 42.500 karyawan. Pada bulan Oktober lalu, Satyam mengumumkan kenaikan keuntungan sebesar 102,77 juta dolar AS.

sumber FIFA Gandeng Perusahaan IT India : LiputanBola.Com
FIFA GANDENG PERUSAHAAN IT INDIA

Tidak ada komentar: