Minggu, 10 Agustus 2008

Bin Hammam Minta Asia Bersatu Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BIN HAMMAM MINTA ASIA BERSATU SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BIN HAMMAM MINTA ASIA BERSATU

Pada 29 Oktober 2007 lalu, FIFA memutuskan untuk meninggalkan sistem atau kebijakan rotasi yang diterapkan dalam menentukan tuan rumah penyelenggara putaran final Piala Dunia 2018 dan seterusnya. Dengan catatan, tim-tim yang satu konfederasi dengan Afrika Selatan yang menjadi host PD 2010 atau zona Afrika dan tim-tim yang satu konfederasi dengan Brasil yang menjadi host PD 2014 atau zona Amerika Latin tidak berhak mengajukan tawaran sebagai tuan rumah PD 2018.
Ada sejumlah negara yang secara terbuka menyatakan keinginannya untuk menjadi host PD 2018, yaitu Australia, China, Inggris, Yunani, Meksiko, Rusia, dan Amerika Serikat. Batas penawaran untuk jadi tuan rumah ditetapkan akhir 2009. Sementara, keputusannya bakal diambil FIFA, dalam hal ini Komite Eksekutif, pada bulan Oktober 2011.
Untuk memperbesar kemungkinan atau peluang negara Asia menjadi host PD 2018, Presiden AFC, Mohamed bin Hammam mendesak agar negara-negara Asia yang berminat untuk bersatu. “Kami akan berjuang semaksimal mungkin agar tim dari konfederasi bakal dapat menjadi tuan rumah PD 2018,” ujar Bin Hammam, seperti yang dikutip Reuters.
Karena itu, “Idealnya, kami hanya menawarkan satu kandidat ,” imbuhnya. “Jika ada dua atau tiga negara yang sama-sama menawarkan diri, kami harus melihat negara mana yang punya kans yang lebih baik. Sebab, jika terdapat dua tim kandidat, konfederasi tidak dapat secara terbuka mendukung salah satu dari dua kandidat itu,” tegas Bin Hammam.
Bin Hamman menegaskan sampai sejauh ini ia belum mendapat konfirmasi resmi dari para petinggi China terkait rencana menjadi host PD 2018. “Kami telah mengetahui adanya kabar ketertarikan dari Australia. Tapi, hanya itu. Saya gembira jika China juga tertarik. Namun, sejauh ini, saya belum mendengar permintaan resmi dari mereka,” ungkap Bin Hammam.
Bin Hammam mengaku tak gentar mendengar negara “ibu sepakbola” Inggris juga tertarik menjadi tuan rumah PD 2018. “Saya pikir, kami punya hak untuk menjadi host PD 2018 setelah penyelenggaraan 2002 lalu. Sebab, saya pikir Eropa telah mengambil jatah itu di PD 2006 lalu . Jadi, seyogyanya persaingan untuk itu berjalan dengan fair, tandasnya.

sumber Bin Hammam Minta Asia Bersatu : LiputanBola.Com
BIN HAMMAM MINTA ASIA BERSATU

Tidak ada komentar: