Senin, 18 Agustus 2008

Aturan Tegas di Euro 2008 Seputar Berita Dunia Sepak Bola

ATURAN TEGAS DI EURO 2008 SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

ATURAN TEGAS DI EURO 2008

Tegas. Wasit-wasit yang ditunjuk bertugas memimpin di Euro 2008 tidak akan segan-segan menindak tegas para pemain yang bermain kasar. Korps berbaju hitam mendapat modal untuk menghukum keras pemain yang nakal sesuai dengan instruksi yang diberikan otoritas tertinggi sepakkbola Eropa .
Dalam workshop jelang turnamen akbar di Austria-Swiss, Juni mendatang, 12 wasit yang ditunjuk diberi enam butir instruksi. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi keputusan lembek yang dikeluarkan wasit jika melihat pelanggaran keras.
Di antara enam butir instruksi, UEFA memerintahkan wasit untuk segera mengeluarkan kartu merah langsung terhadap pelanggaran keras yang bisa menyebabkan cedera serius. Termasuk juga pelanggaran yang menggunakan siku dan/atau lengan. UEFA juga berharap pemain dan ofisial tim bisa menghormati apapun keputusan wasit.
Wasit bisa menerima ekspresi spontan pemain yang kecewa. Akan tetapi, “Kami akan memberi sanksi kepada pemain yang secara berlebihan memprotes keputusan wasit, baik secara lisan maupun aksi lainnya,” ujar juru bicara UEFA, seperti apa yang dikutip Reuters. UEFA juga mencermati betul insiden yang kerap terjadi ketika pemain bergumul menunggu tendangan bebas, sepak pojok. Tarik-dorong hal lumrah namun untuk turnamen yang dibuka 7 Juni nanti wasit diberi kelonggaran guna mengganjar kartu kuning.
Pemain yang lolos dari pengamatan wasit, seperti melakukan aksi diving, juga tidak akan dilepaskan begitu saja dari hukuman. UEFA akan menggunakan bukti rekaman video pertandingan guna memberi sanksi. Wasit diberi kelonggaran mengeluakan kartu kuning/merah kepada pemain yang sibuk protes atau terlibat konfrontasi dengan pemain lain.
Komite Wasit UEFA menjamin paling tidak satu pemain akan diberi peringatan keras jika terjadi pelanggaran serius di setiap pertandingan. Pelatih atau ofisial tim juga tidak terlepas. “Jika pelatih—atau staf lain—mengajukan protes terhadap wasit, tindakan akan diambil agar ia mampu menjaga sikapnya,” tegas anggota Komite Wasit UEFA, Hugh Dallas. Honor yang diterima wasit setiap pertandingan sebesar 10 ribu euro . Sementara untuk asisten wasit menerima setengahnya.
Berikut 12 wasit di Euro 2008:

1. Konrad Plautz

2. Frank de Bleeckere

3.Howard Webb

4. Herbert Fandel

5. Kyros Vassaras

6. Roberto Rosetti

7/ Pieter Vink

8. Tom Henning Ovrebo

9. Lubos Michel

10. Manuel Enrique Mejuto Gonzalez

11. Peter Frojdfeldt

12. Massimo Busacca

sumber Aturan Tegas di Euro 2008 : LiputanBola.Com
ATURAN TEGAS DI EURO 2008

Tidak ada komentar: