Jumat, 08 Agustus 2008

FIFA Tinggalkan Rotasi Penyelenggara PD? Seputar Berita Dunia Sepak Bola

FIFA TINGGALKAN ROTASI PENYELENGGARA PD? SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FIFA TINGGALKAN ROTASI PENYELENGGARA PD?

Sebelum Piala Dunia 2006 di Jerman, Juni-Juli 2006 lalu digelar, Federasi Internasional Asosiasi Sepakbola memutuskan untuk dua penyelenggaraan PD berikutnya, 2010 dan 2014, bakal memakai sistem rotasi. PD 2010 bakal digelar di zona Konfederasi Sepakbola Afrika atau benua Afrika dan PD 2014 direncanakan akan dilangsungkan di zona Konfederasi Sepakbola Amerika Latin .
Sementara untuk penyelenggaraan berikutnya FIFA belum menetapkan apakah sistem rotasi yang selama ini dijalankan akan diteruskan. Artinya, jika sistem rotasi itu terus berlaku, maka penyelenggaraan PD 2018 akan berlangsung di kawasan Konfederasi Sepakbola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia .
Namun, Presiden FIFA, Sepp Blatter khawatir dengan prospek PD jika digelar di zona CONCACAF. Masalahnya, untuk penyelenggaraan PD 2014 saja, hanya ada satu negara yang selama ini telah menyodorkan diri jadi tuan rumah yaitu Brasil.
Karena itu, seperti yang dilansir Soccernet, Komite Eksekutif FIFA bakal mengadakan pertemuan di Zurich, Swiss, Senin, 29 Oktober, untuk membicarakan kemungkinan opsi lain di luar Brasil plus peninjauan ulang sistem rotasi tuan rumah PD. Dalam arti, FIFA akan kembali ke opsi semula, yaitu membuka seluas-seluasnya kesempatan bagi negara untuk melakukan penawaran sebagai tuan rumah PD.
Untuk meninggalkan sistem rotasi seperti yang selama ini dilakukan, Blatter butuh mayoritas suara dari 23 anggota Komite Eksekutif. Andaikata, usulan Blatter disetujui, bisa jadi sejumlah negara Eropa tertarik untuk menjadi host, salah satunya Inggris.
Hal itu tecermin dari pernyataan Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown. “Pemerintah Inggris telah memberikan komitmennya dan mendukung upaya Asosiasi Sepakbola Inggris untuk melakukan penawaran menjadi kandidat tuan rumah PD 2018. Dengan catatan FIFA membolehkannya,” tegas Brown yang bakal menunjuk Menteri Olahraga Inggris, Richard Caborn sebagai Duta Besar PD.
Jika FIFA setuju untuk membuka kesempatan kepada negara-negara lain untuk menjadi kandidat host PD 2018, ambisi Inggris untuk menjadi tuan rumah bakal mendapat tantangan dari Rusia, China, Australia, atau gabungan dari tiga negara Belgia, Belanda, an Luksemburg.

sumber FIFA Tinggalkan Rotasi Penyelenggara PD? : LiputanBola.Com
FIFA TINGGALKAN ROTASI PENYELENGGARA PD?

Tidak ada komentar: