Jumat, 08 Agustus 2008

Brasil Resmi Tuan Rumah PD 2014 Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BRASIL RESMI TUAN RUMAH PD 2014 SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BRASIL RESMI TUAN RUMAH PD 2014

Selasa, 30 Oktober, menjadi hari yang membahagiakan bagi masyarakat Brasil. Negara yang sangat mencintai sepakbola tersebut secara resmi ditunjuk Badan Sepakbola Dunia sebagai penyelenggara Piala Dunia 2014.
Negara di belahan Amerika Latin itu menjadi satu-satunya kandidat tuan rumah Piala Dunia ke-20 dari kebijakan FIFA soal rotasi antar benua. Kebijakan tersebut kemudian dihapuskan oleh FIFA untuk PD 2018. Kepastian itu tentu menjadi kabar menggembirakan bagi negara peraih lima kali trofi paling bergengsi tersebut.
Delegasi yang dipimpin langsung Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan: “Sepakbola lebih dari sekedar olahraga buat kami. Ini merupakan semangat nasional.” Kepercayaan yang sangat berharga ini merupakan kesempatan kedua kalinya buat Brasil. Sebelumnya, pada tahun 1950 mereka sukses ganda, sebagai penyelenggara dan sekaligus keluar sebagai pemenang seteleh menundukkan Uruguay 2-1 di partai final.
Sebagai pijakan awal, FIFA menggelontorkan anggaran kepada negara terbesar di Amerika Latin itu sekitar 550 juta pound . Dana sebesar itu digunakan untuk merenovasi stadion-stadion yang nantinya akan digunakan, termasuk merenovasi Stadion Maracana yang juga ambil bagian pada PD 1950.
Anggaran itu harus digunakan sebijak mungkin karena FIFA secara konsisten akan menginspeksi jalannya renovasi. Dari hasil inspeksi awal, FIFA telah menunjuk 18 stadion dengan kapasitas di atas 40.000 penonton yang dianggap layak digunakan. Jumlah itu akan dikurangi menjadi sembilan atau sepuluh saja. Dari jumlah 18 itu, sebanyak empat dibangun ulang. Sedangkan sisanya dianggap hanya membutuhkan renovasi tanpa mengubah bentuknya secara substansial.
Satu fasilitas paling mendasar yang harus dibenahi adalah fasiltas media center dan ruang komentator televisi. Meski Brasil menjadi kandidat tunggal, Presiden FIFA, Sepp Blatter tidak akan bertindak lemah. “Tugas yang tidak mudah. Bagi kami—dan tentunya Brasil—ini merupakan tantangan yang berat untuk memenuhi kebutuhan yang harus disiapkan. Kondisinya akan sama saja meski hanya satu kandidat,” ujar Blatter seperti dikutip AFP.

sumber Brasil Resmi Tuan Rumah PD 2014 : LiputanBola.Com
BRASIL RESMI TUAN RUMAH PD 2014

Tidak ada komentar: