Sabtu, 27 Juni 2009

Kesempatan Kedua Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KESEMPATAN KEDUA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KESEMPATAN KEDUA

Barcelona sudah pernah memenangi semua trofi yg ada di Eropa. Baik itu Piala UEFA eks Piala Winners maupun Liga Champions. Di ajang terakhir itu El Barca bahkan sudah dua kali menjadi kampiun.
Tapi raksasa Spanyol itu tetap belum layak membusungkan dada sebagai raja dunia. Mengapa? Karena mereka belum pernah memenangi Piala Toyota yg sejak tahun lalu berganti format menjadi Piala Dunia Antarklub.
Pada 1992 ambisi Barcelona dihadang wakil Amerika Latin asal Brazil Sao Paulo. Padahal ketika itu Barcelona datang ke Jepang dgn skuad Dream Team hasil racikan Johan Cruyff.
Kini kesempatan itu datang lagi. Bertempat di Stadion Yokohama sore nanti WIB Barcelona ha terpisah 90 menit dari mahkota dunia mereka yg pertama. Namun utk bisa membawa pulang mahkota itu ke Nou Camp Barca kembali harus melewati rintangan dari Brazil yg kali ini bernama Internacional. Mampukah mereka keluar sebagai pemenang di kesempatan kedua ini?
Final ha digelar sekali. Faktor mental memegang peranan penting. Itu yg sy tekankan kepada para pemain kata Frank Rijkaard pelatih Barcelona dalam sesi jumpa pers di Yokohama Royal Park Hotel kemarin yg juga dihadiri wartawan Jawa Pos Baskoro Yudha.
Dengan kata lain Rijkaard ingin mengingatkan pasukan agar tdk menganggap enteng calon lawan mereka di final yg akan akan ditayangkan ANTV mulai pukul 17.20 WIB tersebut. Di atas kertas Barcelona memang unggul segala dari Internacional: materi reputasi & pengalaman. Tapi siapa yg bisa menjamin itu semua akan mendatangkan gelar?
Liverpool yg akan menjadi calon lawan Barca di 16 besar Liga Champions musim ini bisa menjadi pelajaran. Berada dalam posisi yg sangat difavoritkan seperti Barca saat ini The Reds toh akhir pulang tertunduk setelah dipermalukan Sao Paulo 0-1 di final Piala Dunia Antarklub tahun lalu.
Keseriusan Barca menghadapi laga puncak ini didukung prima kondisi semua pilar mereka. Gelandang bertahan Edmilson yg sempat menghadapi problem di bagian perut sudah mulai pulih. Ini membuat Rijkaard bisa bebas mengatur formasi & taktik. Tapi Rijkaard tampak akan tetap mempercayai starting line up yg diturunkan melawan Club America di perempat final Kamis lalu.
Kubu Internacional juga sudah memperkirakan hal itu. utk itu Pelatih Abel Braga mengaku sudah menyiapkan sejumlah jurus penangkal salah satu dgn mengawal mati Ronaldinho.
Semua pemain Barcelona berbahaya. Tapi tentu saja Ronaldinho yg tetap jadi otaknya kata Braga usai memimpin latihan tim asuhan di lapangan Todoroki Yokohama kemarin sore WIB.
Kapten Internacional Fernandao juga meyakini status sebagai tim favorit akan membuat Barcelona lebih terbebani. Itu yg akan kami manfaatkan. Modal utama kami ha spirit & kekompakan tegasnya.
Perkiraan Pemain:
Internacional : 1-Clemer ; 2-Ceara 3- Indio 4-Eller 5-W. Monteiro;
15-Cardoso 7-Alex 8-Edinho 9-Fernandao; 10-Iarley 11-Pato
Pelatih : Abel Braga
Cadangan : 12-Renan 13-Edigle 14-Fabinho 16-Adriano 17-Vargas 18-L. Adriano
19-Leo
Barcelona : 1-Valdes ; 11-Zambrotta 4-Marquez 5-Puyol 12-Van
Bronckhorst; 3-Motta 20-Deco 24-Iniesta; 8-Giuly 7-Gudjohnsen 10-Ronaldinho
Pelatih : Frank Rijkaard
Cadangan : 25-Jorquera 2-Belletti 6-Xavi 15-Edmilson 16-Sylvinho 21-Thuram
22-Saviola
Facts and Figures :
1. Kedua tim sama-sama belum pernah menjadi juara di kejuaraan dunia antarklub.
2. Ini mrpk pertemuan ketiga antara klub Brazil lawan Spanyol di kejuaraan dunia antarklub sejak 1960. Skor di dua pertemuan sebelum adl 1-1. Pada 1992 Sao Paulo mengalahkan Barcelona sedangkan pd 1998 Real Madrid menaklukkan Vasco da Gama
3. Jika Barcelona juara Frank Rijkaard akan menjadi orang pertama di Eropa yg bisa memenangkan gelar juara dunia antarklub sebagai pelatih & pemain. Atau orang ketiga di dunia setelah Luis Cubilla & Juan Mugica .

sumber Kesempatan Kedua : ZonaBola.Com
KESEMPATAN KEDUA

Tidak ada komentar: